Kamis, 16 Desember 2010

PLN Siap Sambungkan Pelanggan Baru

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan menuntaskan daftar tunggu pemasangan sambungan listrik bagi konsumen bisnis dan industri untuk daerah Jakarta dan sekitarnya. Total daya yang akan disambungkan mencapai 1.000mega watt (MW). Pemasangan ini direncananya dilakukan pada 15 Desember 2010.
Daftar tunggu PLN untuk daerah Jakarta dan sekitarnya mencapai 2.500 calon pelanggan. Kepala Divisi Niaga PT PLN Benny Marbun mengatakan, rencana PLN ini muncul setelah rampungnya tiga pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) baru milik PLN, yaitu PLTU Labuan Banten Unit 2 kapasitas 300 MW, PLTU Indramayu Unit 1 Kapasitas 330 MW, dan PLTU Suralaya Kapasitas 625 MW, serta tersedianya trafo interbus.
“Dari PLTU baru, kami mendapat tambahan daya sekitar 1.255 MW dan repowering PLTU Muara Karang sebesar 400 MW. Kami juga sudah menyiapkan lima unit trafo interbus kapasitas 500 megavolt ampare (MVa),” Kata Benny di Jakarta, Pekan Lalu.


Menurut Benny, setelah tambahan daya cukup besar dan ketersediaan trafo aman, PLN bisa menyalusrkan listrik ke pelanggan bisnis dan industri. Selain bisa melayani calon pelanggan yang telah masuk dalam daftar tunggu, kami juga yakin bisa melayani penyambungan 7.000 calon pelanggan bisnis dan industri se-Indonesia,” ujar dia.
Dari 2.500 calon pelanggan, menurut Benny, sekitar 80% merupakan pelanggan untuk tegangan rendah, yaitu dengan daya kurang dari 220 kilo volt ampare (KVa). “Sisanya pelanggan tegangan menengah dan tinggi. Tapi yang tegangan tinggi hanya sedikit, meskipun secara daya cukup besar,”jelas dia.
Benny menjelaskan, daya yang dibutuhkan untuk melayani 2.500 calon pelanggan tersebut sekitar 1.700 MVa. “Daya yang kami miliki sebesar 21.600 MW, sementara beban puncak tertinggi yang pernah terjadi hanya 18.000 MW. Jadi masih bisa untuk 1.700 MVa,” kata dia.
Disinggung mengenai pemasukan PLN dari program penyambungan tersebut, Benny mengatakan belum melakukan penghitungan. “Target kamu adalah bisnis dan industri ini bisa Jalan, bisa menyerap lapangan pekerjaan. Itu lebih penting daripada beberapa pemasukan PLN dari sini,” papar dia.
Bagi calon pelanggan yang ingin mendapat sambungan, dia mengatakan cukup dengan mengisi surat izin penyambungan (SIP) dengan datang langsung ke kantor PLN terdekat.
Selain itu lanjut dia, calon pelanggan juga bisa mendaftar melalui email ke 1000MW@pln.co.id. “Biaya penyambungan hanya Rp 775 per VA untuk yang di bawah 2.200 VA dan Rp 750 per VA untuk yang di atas 2.200 VA,” jelas dia.


Sumber : Investor Daily

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

peluang usaha